Selasa, 01 September 2015

Definisi Karya Seni | menurut para ahli


Menurut A.C. Andre Tanama (the Tales of Gwen Silent, 2010) 
 "Sebuah karya seni apapun itu bagi saya adalah sebuah visualisasi atas anugerah Ilahi. Berkarya merupakan suatu proses spiritual. Mengelola rasa menjadi energi positif yang terwujudkan melalui bahasa visual"

 "For me, any artwork is visualization of God's gift/ blessing. The process of creating an artwork is a spiritual process. Transforming sense into positive energy thet realized into visual language" 

  Menurut saya sebuah karya seni itu suatu keindahan yang diberi anugerah oleh Ilahi untuk diberikan kepada penikmat yang pada saat itu membutuhkan suatu hal untuk mengisi hatinya yang rampung, hati yang rampung sering kali membuat seseorang menjadi bukan dirinya sendiri dan berkeliaran tanpa batas hingga tak menyadari dirinya sendiri itu siapa.

   Dalam sebuah puisinya, Joko Pinurbo menuliskan beberapa baris: pelukis itu ingin rebah sebenarnya./Tapi masih ada sedikit ruang di sudut kanvas/belum terjamah. "Biarkan tempat itu tetap suwung,"/ perempuan itu meminta, "ke sana ku akan nyemplung."(Di Sebuah Lukisan, 1999).

Suwung adalah rampung, seperti sebuah sela pada geligi kita yang terbiarkan kosong. Suwung adalah hampa, seperti gelas di atas meja, yang kita biarkan tak terisi apa pun. Suwung juga seperti ruangan yang bersih, tanpa penghuni, tanpa ada intensi dan fungsi. Suwung dapat berarti kesunyian di tengah malam tanpa suara yang menemani.

Wolfgang Iser, seorang pemikir Jerman yang banyak berbicara mengenai estetika dan sastra, menemani 'suwung' ini sebagai 'gap', yaitu ruang kosong. Ruang kosong ini memiliki ciri yang khas, yaitu bersifat tak tentu, dia adalah sesuatu yang indeterminate. Bagi Iser, bentuk estetis jelas berbeda dengan bentuk sehari-hari.

Dari pengertian diatas, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu seni, disini terdapat beberapa pendat mengenai definisi seni, yaitu:

Wikipedia :
Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.


Alexander Baum Garton 
Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
Aristoteles 
Seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
Immanuel Kant 
Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
Ki Hajar Dewantara 
Seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.
Leo Tolstoy 
Seni adalah ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
Sudarmaji 
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar